25 March 2009

KUNCI CARA MENJAWAB. JANGAN PANIK DONG.....

Guys...
Nggak ada yang aneh sebetulnya dari soal-soal yang saya buat.
Hitung-hitungan sebenarnya cuma untuk saya melihat bagaimana mahasiswa berpikir.Itu juga sederhana sekali, hanya bermodal matematika anak SMA saja. Tambah, kali, bagi kurang dan sedikit turunan.

Kunci utama justru pemahaman grafik.
Tinggal ganti garisnya dengan persamaan yang saya berikan.
Kalau berpotongan, kan tinggal kasih tanda sama dengan.Kalau ada yang harus dicari minimum atau maksimumnya kan tinggal diturunkan.Kan waktu SMA sudah diajarkan bahwa sebuah kurva akan maksimum atau minimum jika turunan pertamanya sama dengan nol. Yang penting adalah kalian tahu darimana garis-garis itu datang. Misalnya dari mana MC datang. Apa yang dimaksud dengan elastisitas.

Satu kunci yang utama adalah...
PEMAHAMAN TENTANG TEORI YANG BERSANGKUTAN !!!
Saya tidak banyak menggunakan rumus-rumus yang rumit seperti di Martin untuk UTS ini. Tapi pemahaman menjadi hal yang utama.

Untuk UTS berikut, pahami perfect competition dan monopoli (sudah 2 semester belajar mikro kan?). Sebelumnya pahami juga demand dan supply, bagaimana menjumlah kurva demand individu menjadi kurva permintaan pasar. Dikasih kuncinya deh.... yaitu penjumlahan horisontal kurva individu. Jadi, diterjemahkan dalam matematika menjadi penjumlahan Q, sehingga kurva permintaan harus diubah dulu dalam bentuk Q= f(P). Tapi jangan lupa, Untuk mencari marginal revenue harus P=f(Q). Jadi setelah dijumlah harus dibalik lagi. Juga jangan lupa cost function, mahasiswa industri nggak bisa lepas dari cost function untuk selamanya.

Yang juga sudah dipelajari di Mikro 1 adalah Price Discrimination. Trust me itu bakalan saya pake juga. Penting untuk memahami kapan PD bisa efektif dan bagaimana PD diterapkan. Pelajari grafiknya dengan benar, kalian akan tahu apa yang harus dilakukan.

Ayo lah... semua sudah dipelajari sebelumnya kan?
Nggak ada alasan untuk nggak bisa lah.
You are the best in the country.

Sedikit tambahan di semester ini adalah Dominant Position. Yang penting kalian pahami adalah kalau dia bersaing apa yang akan diperhatikan oleh si dominan. Kalau dia merasa tidak ada saingan atau saingannya bakal menurut saja, apa yang akan dilakukan/diperhatikan.

Oh ya, tentu untuk mengukur pasar ada ukurannya kan? Ya itu dia, nggak jauh dari HHI dan CR4. Mudah lah itu....

INGAT !!!
MODALNYA UTAMANYA GRAFIK.
TIDAK SUSAH KAN?
LIHAT CATATAN.

Rasanya saya sudah banyak nih bocorannya.
Coba Dosen mana yang ngasih bocoran sebanyak itu.
Ha ha ha....

BTW, sorry ya... beberapa besaran tidak berhasil saya buat untuk menjadi bilangan bulat. I've worked 24 hours for that. Still I couldn't make it.

Masih ada hari libur buat latihan. Ngumpul mendingan. Diskusi.
Jangan lupa kasih tahu yang lain tentang catatan ini.

Selamat belajar.

2 comments:

  1. Bapak Thx bwt kisi2nya. Good luck! Have a nice day!

    ReplyDelete
  2. Salut buat Bapak. Sebagai mahasiswa baru saya jd merinding baca soal-soalnya, dan semakin tergugah untuk terus berlatih. Terima kasih Pak....

    ReplyDelete