22 March 2009

UTS Ekonomi Industri 2006

SOAL A

PT TYA sedang melakukan analisis pasar yang akan dimasukinya. Pasar yang dihadapi perusahaan ini relatif baru dan belum dibidik oleh perusahaan lainnya sehingga dalam jangka pendek dapat dipastikan bahwa perusahaan tersebut akan menjadi satu-satunya produsen. Hasil analisis pasar diketahui bahwa besarnya permintaan masyarakat adalah:
P = 700 – 2 Q
Untuk beroperasi diperlukan Investasi sebesar 2000, sedangkan biaya variabel rata-rata yang dibutuhkan untuk penghasilkan barang tersebut adalah:
AVC = 10 + 0.5Q
Saudara diminta untuk ikut melakukan analisis:
1. Berapa harga yang dapat memberikan keuntungan maksimum?
2. Apakah yang dimaksud dengan First Degree Price Discrimination (FPD)?
3. Berapakah tambahan pendapatan yang dapat diperoleh jika PT TYA dapat menerapkan FPD?
4. Apakah perekonomian diuntungkan atau dirugikan dengan penerapan FPD tersebut? Berapa kerugian atau keuntungan tersebut?
5. Apa komentar anda mengenai penerapan FPD tersebut?

SOAL B

Permintaan dalam Industri Xantia dipasok oleh 6 perusahaan besar yang masing-masing memiliki angka penjualan sebagai berikut:
A = 198::::: D = 180
B = 216::::: E = 144
C = 900::::: F = 162
Anda diminta untuk melakukan analisis terhadap industri tersebut dengan menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan oleh KPPU sebagai berikut:
1. Hitung Herfindahl-Hirschman Index untuk industri tersebut. Apa komentar anda?
2. Jika anda juga diminta untuk menghitung Concentration Ratio, CR berapa yang akan anda usulkan untuk digunakan? Mengapa?
3. Jenis pasar apakah yang terjadi dalam industri tersebut?
4. Strategi apa saja yang kemungkinan besar diterapkan di pasar tersebut? Jelaskan apa yang biasanya dilakukan dalam strategi-strategi tersebut dalam penentuan jumlah dan harga barang.
5. Strategi mana yang menurut anda paling mungkin diterapkan? Mengapa?
6. Jika A, B, D, E dan F memutuskan untuk melakukan merger untuk meningkatkan daya saing dan bersaing dengan produsen lainnya. Teori mana yang menurut anda yang paling cocok untuk menggambarkan perubahan strategi yang terjadi? Jelaskan bagaimana teori tersebut akan bekerja untuk kasus industri tersebut (Bagaimana pembentukan jumlah dan harganya)
7. Bandingkan kondisi pasar pada butir 5 dan 6. Menurut anda, kondisi pasar manakah yang terbaik untuk perekonomian? Jelaskan.

Catatan:
* Jelaskan dengan menggunakan grafik yang bukan merupakan hiasan.
* Asumsikan seluruh perusahaan dalam industri berada pada Long-Run Average Cost Curve yang sama
* Asumsikan harga yang diterapkan oleh setiap perusahaan akan sama satu dengan yang lainnya pada waktu yang sama. Perbedaan harga hanya terjadi pada strategi yang berbeda.

1 comment:

  1. Terima kasih ya Pak.. Seandainya semua dosen seperti Bapak, hehe... Gut Luck Sir..=)

    ReplyDelete