30 March 2009

UTS Ekonomi Industri - Maret 2009

Salah seorang mahasiswa FEUI tertarik untuk meneliti sebuah industri yang di dalamnya terdapat 102 perusahaan. Faktor ketertarikan utama adalah bahwa dalam industri tersebut hanya ada dua perusahaan yang memiliki pangsa pasar yang paling besar, yaitu perusahaan A dan perusahaan B yang masing-masing menguasai 72 persen dan 18 persen. Sedangkan 100 perusahaan lainnya menguasai pangsa pasar yang sama besar. Dari penelitian lanjutan diketahui bahwa
perusahaan A memiliki fungsi biaya: TCb = 735 - 12Q + 0.6 Q^2 ;
sedangkan fungsi biaya perusahaan B adalah: TCb = 300 - Q + 3 Q^2.
Diketahui pula bahwa
A menganggap bahwa fungsi permintaan dia adalah Pa = 116 – Qa dan sebagai pesaing
B menganggap fungsi permintaan dia adalah Pb = 139 – 4Qb.

a. Hitung Herfindahl-Hirschman Index industri tersebut. Apa komentar anda?
b. UU No.5 tahun 1999 mengindikasikan bahwa perusahaan yang menguasai pangsa pasar lebih dari 50% patut dicurigai sebagai perusahaan monopoli. Apakah A merupakan monopolis? Mengapa?
c. Jika A menganggap bahwa B merupakan perusahaan yang berpotensi untuk mengganggu kinerja mereka dikemudian hari, strategi apa yang akan dilakukan A? Berapa harga yang akan diterapkan untuk membuat B sama sekali tidak mempunyai kesempatan untuk berkembang?
d. Jika A mengganggap bahwa B bukanlah pesaing yang dapat menimbulkan masalah karena selama ini B tidak menunjukkan usaha untuk bersaing, strategi apa yang akan dipilih oleh A?
e. Jika A mengganggap bahwa dirinya merupakan monopolis bagi segmen pasar yang dimilikinya (sesuai dengan kurva permintaan A), berapa harga yang akan diterapkan oleh A dan jumlah barang yang akan diperdagangkan?
f. Jika A dan B akan melakukan merger, bagaimana pengaruhnya terhadap HHI?
g. Diasumsikan bahwa pasar yang dihadapi oleh perusahaan gabungan itu adalah gabungan dari fungsi permintaan kedua pasar tersebut. Bagaimana fungsi permintaan dan fungsi marginal revenue dari perusahaan gabungan tersebut?
h. Bagaimana pula fungsi marginal cost perusahaan gabungan?
i. Berapa jumlah barang yang akan diproduksi dan berapa pula harganya?
j. Jika mereka memutuskan bahwa mereka akan tetap membuat segmentasi pasar sesuai dengan demand masing-masing sebelum penggabungan dan akan menerapkan diskriminasi harga, diskriminasi harga jenis apa yang akan mereka terapkan. Apakah syarat utama dari diskriminasi tersebut untuk dapat diterapkan?
k. Berapa harga dan jumlah yang akan diterapkan untuk pasar A?
l. Berapa pula harga dan jumlah untuk pasar B.
m. Jika anda penasehat perusahaan gabungan tersebut, strategi yang mana yang lebih baik? Mengapa?
n. Jika anda adalah penasehat pemerintah, strategi mana yang akan anda setujui, mengapa?

Catatan penting:
Jumlah permintaan gabungan adalah penjumlahan horizontal dari permintaan individu, demikian pula dengan marginal cost gabungan. Gunakan grafik untuk menuntun logika anda. Jawaban tidak harus sesuai dengan urutan pertanyaan.

No comments:

Post a Comment